Rabu, 22 Januari 2014

Cerdas Pilih Stasiun TV Berbayar

Kamis 23 Januari 2014
tugas dari Bapak Jaenal Arifin
  1. Menulis ulang  artikel dari pak Jaenal Arifin  yang berjudul "Cerdas Memilih  Stasiun TV Berbayar"  berikut kesimpulan dan pernyataan 
  jawab

Sabtu 7 Desember 2013 Bapak Jaenal Arifin salah satu dosen dari Sekolah Tinggi Teknologi Telematika telkom Purwokerto menuliskan sebuah artikel yang berjudul "Cerdas Memilih Stasiun TV Berbayar" yang muncul di koran suara merdeka di halaman 7.

    Seiring dengan perkembangan teknologi televisi di indonesia sekarang penonoton TV di Indonesia dapat  menikmati  televisi dengan dua teknologi yaitu teknologi satelit dan juga teknologi internet protocol television (IPTV).yang disebut degan teknologi satelit adalah  memanfaatkan satelit yang berorbit diatas bumi sedangkan teknologi internet protocol television (IPTV) adalah dengan  menggunakan teknologi internet protocol. Maksutnya adalah kita bisa menonton TV dengan menggunakan internet.Rata-rata penduduk indonesia menggunakan sistem telekomunikasi berbasis satelit. Salah satu sistemnya adalah Ku band, yang cara kerjanya adalah pada spektrum frekuensi tertentu.
Yang dimaksudkan dengan internet protocol television (IPTV) adalah pemakai bisa menonton televisi sekaligus berinternetan dengan kecepatan  megabyte atau bisa juga dengan cara memesan acara yang disukai sesuai yang kita inginkan tanpa ada waktu yang membatasi . Istilahnya adalah video on demand, sekarng dengan adanya (IPTV) kita bisa menikmati tayangan dari luar negeri yang kita ingikan dengan menggunakan stasiun tv berbayar (pay television/pay TV).
Tidak hanya itu (IPTV) juga menyediakan berbagai macam pilihan sesuai umur seperti: Untuk usia balita ada Baby TV, Disney Junior, JimJam, atau Cbebies, untuk anak-anak ada Disney Channel, Cartoon Network, Nickelodeon, Kidsco, atau Boomerang, untuk orang dewasa yang suka olahraga juga ada seperti ESPN, Starsport, Goal TV 1, Goal TV 2, atau Euro Sport, yang tertarik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi iptek banyak juga pilihanya seperti National Geographic, Nat Geo Wild, Nat Geo Adventure, History Channel, atau Discovery Channel
Stasiun televisi berbayar yang bisa di tonton di indonesia  seperti indovision,Telkom vision, Top  TV, Yes TV, Aora, Skynindo, Okevision,centrin TV, Orange TV, Nexmedia, Usee TV dan lain-lain.
Stasiun televisi berbayar yang berteknologi Ku band, memiliki kelemahan dan juga kelebihan.
    Kelemahan Stasiun televisi berbayar yang berteknologi Ku band:
  •  Rentan gangguan cuaca. 
   Kelebihan Stasiun televisi berbayar yang berteknologi Ku band:
  •   Tidak terganggu gelombang mikro
  •   Penggunaannya lebih praktis dan murah
  •   Sinyal yang setabil
Ada pula stasiun televisi berbayar selain menggunakan internet protocol television (IPTV) yaitu teknologi C band/S band. Akan tetapi teknologi C band/S band  punya kelemahan dan juga kelebihan, kekurangn tersebut bisa membuat kenyamanan kita saat menonton TV menjadi terganggu,akan tetapi teknologi C band/S band juga memiliki kelebihan.
   Kekurangan stasiun televisi berbayar yang berteknologi C band/S band:
  • Tidak tahan gangguan sinyal wifi, wimax, dan suara bising kendaraan,
  • Harga perangkat penerima lebih mahal, dan 
  • Ada kemungkinan interferensi dari sistem gelombang mikro.
  Kelebihan Stasiun televisi berbayar yang berteknologi C band/S band:
  •  Tahan akan adanya gangguan cuaca buruk   gangguan cuaca buruk. 
Walaupun saat ada hujan yang sangat lebat dan juga ada petir yang menyambar,dengan menggunakan  h
teknologi C band/S band tetap bisa menonton TV tanpa ada gangguan (suara yang kurang bagus, gambar yang tidak jelas) karena sinyal yang di tangkap oleh teknologi C band/S band tidak akan terganggu.

kelebihan dan kekurangan
baik teknologi band maupun teknologi C band/S band memilik kelebihan dan juga kelemahan masing-masing apabila ingin menonton televisi yang sudah berkualita baik dianjurkan untuk memilih  saluran televisi berbayar yang sudah berteknologi high definition yang dituliskan HD,dengan menggunakan teknologi HD  tentu kita juga harus memakai pesawat televisi yang bisa mensupport terhadap teknologi high definition (HD). Kelebihan teknologi HD adalah bisa menampilkan gambar berkualitas tinggi karena  jumlah pikselnya lima kali lipat dari  jumlah piksel pesawat televisi biasa/analog yang masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia padaumumnya, karena sajian gambar pesawat televise berteknologi HD lebih rapat sehingga akan  menampilkan gambar yang lebih tajam. Semakin banyak garismaka akan lebih tajam gambar yang ditampilkan. Dalam mencernati kode notasi Ku band, C band/S band, HD dan sebagainya  kita harus cermat karena dalam system elektronik akan bisa bekerja maksimal bila masing-masing bagian/ komponen saling mensupport satu dengan yang lain apabila ragu atau kurang tau lebih baik ditanyakan kepada orang  yang lebih ahli. Contohnya apabila kita berlanggganan televisi berbayar  yang berbasis high definition, maka kita harus punya pesawat televisi yang berteknologi HD juga.


 Kesimpulan :

Perkembangan teknologi pertelevisian saat ini sangat pesat, antar lain adanya televisi berteknologi satelit dan Internet Protocol Television (IPTV).
Berteknologi satelit yaitu televisi yang memanfaatkan satelit yang berorbit di atas bumi sedangakan IPTV adalah televisi yang menggunakan sitem internet protokol .
Internet Protokol yaitu saat pegguna bisa menikmati tayangan berbarengan dengan internetan atau pengguna dapat memilih tayangan yang ia sukai (video on demand).

Ku Band VS C Band/S Band

Ku Band
Ku Band merupakan sistem telekomunikasi berbasis satelit yang berkerja dalam spektrum frekuensi yang telah ditentukan.
Kelemahan :


  1. Rentan gangguan cuaca
Kelebihan :
  1. Tidak mudah terganggu oleh gelombng mikro,
  2. Penggunaannya lebih murah dan praktis.
C Band/S Band 
Kelemahan :
  1. Sangat sensitive dengan gangguan sinyal wifi, wimax dan suara bising kendaraan,
  2. Harga perangkat penerima  yang lebih mahal,
  3. Interferensi dari sistem gelombang mikro.
Kelebihan :
  1. Tahan terhadap cuaca buruk.
High Definition (HD) 
Kelebihan :
  1. Dapat menampilkan gambar dengan kualitas tinggi.
Barang-barang elektronik akan bekerja secara maksimal jika komponennya saling dukung satu sama lain.


Daftar Pustaka :
  • Suara Merdeka edisi Sabtu 7 Desember 2013 kolom wacan lokal halaman 7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar