Kamis, 06 Maret 2014

Gerbang Logika

Tujuan :
  1. Mengenal dan memahami rangkaian gerbang logika digital.
  2. Dapat membuat tabel kebenaran dan persamaan Booelan dari suatu rangkaian digital.
  3. Mengenal cara mendesign rangkaian digital dari suatu persamaan minterm ataupunmaxterm yang sederhana dengan bantuan Karnaugh Map.
  4. Mengenal cara mendesign suatu rangkaian digital dari suatu tabel kebenaran baik bentuk persamaan minterm ataupun maxterm.

Alat dan Bahan :

  • Digital Experimenter.
  • Cabel Conector.
Dasar teori 
  Gerbang Logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari satu sinyal masukan tetapi outputnya hanya  satu sinyal .Dikarenakan analisis gerbang logika dilakukan dengan Aljabar Boolean maka gerbang logika sering juga disebut Rangkaian logika. Gerbang logika merupakan dasar pembentukan sistem digital. Gerbang logika beroperasi dengan bilangan biner, sehingga disebut juga gerbang logika biner.Tegangan yang digunakan dalam gerbang logika adalah tinggi dan  rendah. Tegangan tinggi berarti 1, sedangkan tegangan rendah berarti 0. Di dalam rangkaian digital, dikenal 3 macam rangkaian gerbang logika dasar yaitu gerbang AND, OR dan NOT.

  • Gerbang AND : Gerbang AND merupakan gerbang perkalian dimana outputnya akan berlogika "1" jika dan hanya jika semua inputnya berlogika "1" dan output akan berlogika "0" jika salah satu dari input berlogika "0". Berikut simbol dan tabel kebenaran dari Gerbang AND :

  • Gerbang OR :  Gerbang OR merupakan gerbang penjumlahan dimana output akan berlogika "1" jika salah satu atau semua masukannya berlogika "1" dan keluarannya akan berlogika "0" jika dan hanya jika semua masukkannya berlogika "0". Berikut simbol dan tabel kebenaran dari Gerbang OR :
  • Gebang logika NOT : Gerbang NOT atau yang  kita kenal denganInverter merupakan gerbang logika yang mempunyai fungsi sebagai pembalik. Jika input diberikan logika "0" maka pada outputnya akan berlogika "1" dan begitu juga sebaliknya. Berikut simbol dan tabel kebenaran gerbang Not :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar