Minggu, 09 Februari 2014

Fuad Budi Asmara (Perancangan Alat Penghapus Papan Tulis Berbasis Mikrokontroller ATMEGA8 Dengan Menggunakan Remote Control Sebagai Kendali)

Kamis, 30 Januari 2014
Materi : Mengikuti dan mengamati Sidang Tugas Akhir
Tugas dari : Bapak.Jaenal Arifin
Tugas :
  1. Melihat dan mengamati proses jalannya Sidang Tugas Akhir
  2. Membuat laporan .
Pengantar : 
Sidang Tugas Akhir D3 periode 4 ST3 Telkom purwokerto semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dibuka pada hari Selasa 28 Januari 2014 dan selesai pada hari Kamis 30 Januari 2014. Waktu pelaksanaan Sidang Tugas Akhir dari jam 08.00 sampai jam 17.30. ruang untuk pelaksanaan Sidang Tugas Akhir ada 2 yaitu ruang Telematika 4 dan Telematika 5. Jumlah mahasiswa yang mengikuti sidang tugas akhir ada 13 mahasiswa. Akan tetapi saya hanya mengikuti 7 mahasiswa saja. Setiap mahasiswa diberi waktu 2 jam untuk mempresentasikan Tugas Akhir. Ada 3 sesi dalam Sidang Tugas Akhir yaitu: presentasi durasi waktu yang digunakan  kurang lebih 10 menit, demonstrasi alat yang dirancang oleh mahasiswa durasi waktu kurang lebih 15 menit dan terahir sesi tanya jawab dengan durasi waktu paling banyak yaitu sampai Sidang Tugas Akhir selesai.

Rabu, 29 Januari 2013
Nama Mahasiswa : Fuad Budi Asmara
NIM : D310022
Waktu : 13.00-15.00
Tempat : Ruang Telematika 4ST3 Telko Purwokerto
Judul Tugas Akhir :

  • Perancangan Alat Penghapus Papan Tulis Berbasis Mikrokontroller ATMEGA8 Dengan Menggunakan Remote Control Sebagai Kendali


Pembimbing :

  • Risa Farid Christianti, MT
  • Eka Wahyudi, ST.,M.Eng

 Penguji :

  • Jaenal Arifin
  • Danny Kurnianto


Sesi 1 : Presentasi
  •              Mahasiswa mempresentasikan Tugas Akhir, cara penyampaian presentasi menggunakan Bahasa.Inggris.
Sesi 2 : Demo Alat
  •  Mahasiswa mendemokan alat yang telah dirancang di depan pembimbing dan penguji.
Sesi 3 : Tanya Jawab
  •   Sesi ini adalah sesi tanya jawab . Penguji mengajukan pertanyaan seputar alat yang dirancang mahasiswa dan mahasiswa wajib menjawab pertanyaan tersebut.

Pertanyaan yang diberikan oleh penguji kepada mahasiswa:
Pertanyaan dari Bapak Danny Kurnianto:



  1. Menjelaskan cara kerja rangkain
  2. Menjelaskan tmbol aetiap remote sebagai pengontrol
  3. Mengkonversi data dari biner-hexa
  4. Kenapa menggunakan trafo 12volt?
  5. Dioda sebagai penyearah menggunaka berapa ampere?
  6. Bagaimana cara kerja transistor sebagai saklar?

Pertanyaan Pak Jaenal Arifin :
Apa alasan memakai ATMega 8535?
Memori pada mikro yang di pake apa?
Kristal yang digunakan.
Menerangkan gambar konstruksi motor DC


Kesimpulan :

  • Tegangan yang ada pada alat Penghaps Papan tulis adalah 5,01 Volt yanga dari 2 input yaitu Travo 5 Volt dan juga Travo 12 Volt. Travo 5 Volt digunakan untuk catu daya pada rangkaian mikro pengendali ATmega 8, Sedangkan yang 12 Volt digunakan untuk catu daya pada Relay dan juga penggerak motor.
  • Tegangan pada rangkaian transistor terdapat 2 nilai saat Transistor ON dan juga saat Transistor OF. Saat Transistor OF akan memperoleh tegangan sebesar 1 Volt, dan saat Transistor ON terdapat suplay tegangan sebesar 10 Volt
  • Motor yang digunakan untuk penggerak penghapus adalah komonen utama yang terpentig pada alat Penghapus Papan Tulis. Motor ini terhubung dengan Relay yang berfungsi sebagai saklar otomatis. Motor ini juga berhubungan langsung dengan Limit Switch yang berguna untuk pembatas gerak pada papan tulis.
  • Berdasarkan proses pengujian pengukuran tegangan dilakukan dengan menggunakan Multimiter Digital. Berdasarkan data sheet pada masing-masing komponen tingkat eror pada alat Penghapus Papan Tulis masih berada pada batas toleransi.
  • Waktu yang digunakan untuk penghapusan papan tulis sebelah kiri kurang lebih 22 detik, dn untuk penghapusan yang sebelah kanan juga kurang lebih 22 detik. Maka perkiraan waktu untuk menghapus seluruh papan tulis kurang lebih 44 detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar