Senin, 10 Februari 2014

Flowcode

Senin, 10 Februari 2014
Materi : Flowcode
Tugas dari : Bapak Jaenal Arifin
Tugas dari : Bapak Jaenal Arifin
Tugas :
  1. Dasar teori tentang Flowcode
  2. Fitur-fitur flowcode
  3. Langkah untuk membuat flowcode.
FLOWCODE 5
1)   Pengertian Flowcode
             Flowcode adalah  sofware aplikasi yang dibuat oleh Matrix Multmedia Ltd yang dapat dioperasikan oleh pengguna yang belum berpengalaman dalam memprogram untuk menciptakan system elektronik yang bagus dalam kurun waktu yang singkat software flowcode memiliki keunikan yaitu pemrograman dengan menggunakan flowchart graphic-based. Flowcode memiliki 20 bahasa yang banyak digunakan di dunia pendidikan karena software flowcode termasuk software yang paling maju dalam bahasa-bahasa pemrograman grafis untuk mikrokontroler, software ini juga mendukung seri mikrokontroler jenis PICMicro, dspic, PIC24, AVR dan ARM.
1.      Fitur-Fitur yang ada pada software Flowcode
            Fitur – fitur yang terdapat pada Flowcode AVR 5 ini yaitu:
A.    Toolbar input dalam toolbar input terdapat switch bank, ADC, keypad.
Toolbar input berguna untuk menambahkan perangkat simulasi input tambahan pada panel.
Gambar yang terdapat pada toolbar input

B.     Toolbar Output dalam toolbar output terdapat graphical LCD, LED, LED array, 7seg1, 7seg4, RGB LED, dan LCD. Toolbar ini berfungsi untuk menampilkan output dari suatu simulasi.

Gambar yang terdapat pada toolbar output

C.    toolbar comms didalam toolbar cooms terdapat onewire, 12C master, Extended CAN, CAN, RS232, LIN master, SPI, LIN slave. Toolbar comms adalah toolbar yang berfungsi untuk tempat sambungan pada perangkat tambahan.
Gambar yang terdapat pada toolbar output
D.    Toolbar wireless didalam toolbar wireles terdapat Bluetooth, RC5, Zigbee, RFID, RF, IrDA. Toolbar wireles berfungsi untuk menampilkan perangkat simulasi pendukung untuk melakukan simulasi wireless atau tanpa menggunakan perantara kabel
Gambar yang terdapat pada toolbar wireless


E.     Toolbar peripharel didalam toolbar peripharel terdapat MIDI, TCP/IP, Web server, FAT, dan WLAN. Toolbar peripharel berfungsi untuk menampilkan perangkat simulasi pendukung dari suatu rangkaian elektronika yang terhubung ke jaringan komputer.
Gambar yang terdapat pada toolbar peripharel
F.     Toolbar mechatronics didalam toolbar mechatronics terdapat Quadrature encoder, PWM, RC5, Servo, Accelerometer,stepper dan speech. Toolbar machatronics berfungsi untuk menampilkan perangkat simulasi tambahan yang berupa alat elektronik bergerak.
Gambar yang terdapat pada toolbar machatronics
G.    Toolbar Misc didalam toolbar Misc terdapat custom, GSM, EEPROM, GPS, custom2.Toolbar Misc berfungsi untuk mendukung perangkat simulasi tambahan yang diperlukan pada suatu simulasi rangkaian elektronika.
Gambar yang terdapat pada toolbar Misc

H.    Tolbar icon didalam toolba icon terdapat icon flowchart input, output, delay, decision, switch, connection point, loop, macro, component macro, calculation, interrupt, C code, comment. Tolbar icon berfungsi untuk menampilkan rangkaian dari flowchart yang akan digunakan oleh pengguna untuk merangcang suatu simulasi.
Gambar yang terdapat pada toolbar Misc

I.       Main toolbar didalam main toolbar terdapat icon new, open, save, cut, copy, paste, undo, redo, print, help, play, pause, stop, step info, step over, compile to C, compile to HEX, compile to chip. Main toolbar berfungsi untuk mendukung project simulasi yang akan dibuat.
Gambar yang terdapat pada main toolbar

J.      Toolbar component adalah toolbar yang menampilkan seluruh komponen toolbar pendukung simulasi yang terdapat pada flowcode 5.
Gambar yang terdapat pada toolbar component

K.    Project explorer merupakan field yang pengguna dapat membuat, mengatur, dan menetapkan suatu variable dalam perancangan simulasi.
Tampilan project explorer


L.     Main field adalah tempat untuk simulasi flowchart yang akan memposisikan dan mengatur sesuai dengan keperluan dan keinginan si pengguna.
Tampilan  main field

M.   Panel adalah tempat untuk meletakan komponen pendukung simulasi dari suatu rangkaian elektronika yang akan diuji coba.
Tampilan Panel


2)   Langkah-Langkah Dalam Membuka  Software Flowcode
1.      Membuka Flowcode AVR 5
Maka akan terdapat tampilan seperti ini


pilih program yangakan anda edit atau bisa juga mebuat baru dengan tekan ok

2.      Tunggu hingga muncul tampilan untuk membuat file baru, kemudian klik OK.

Lalu tekan ok
3.  Pilih mikrokontroller yang akan digunakan. Klik OK.

4. Sekarang Fowcodepun siap untuk diprogram.




3 komentar:

  1. Ditunggu aplikasi sederhana terkait program flow code yang anda buat...? ;-)

    BalasHapus
  2. manthap programnya mas, sudah p lukman download.
    tetap semangat ya

    BalasHapus
  3. Program yang dibuat bayu aji "Simulasi kedatangan tamu menggunakan program Flow Code versi "5". btw itu hasil pemikiran bayu aji sendiri bung ompong...:-)

    BalasHapus